Sabtu, 21 Juli 2012

REACH YOUR FUTURE THORGH POSITIVE CHARACTER


     Di awal bulan juli KEMA STIKes Santo Borromeus mengadakakn kegiatan MD atau lebih sering kita kenal dengan Managemaent Diri untuk mahasiswa tingkat 1 dari semua jurusan.
MD tahun ini yang dilaksanankan di Wisma Aloysius Gambung-Ciwidey dari tanggal  6 – 8 Juli 2012 ini bertemakan “REACH YOUR FUTURE THORGH POSITIVE CHARACTER”. Tujuan dari MD tahun ini menurut ketua pelaksana (Calvin) “ untuk membentuk karakter masing-masing pribadi mahasiswa agar menjadi pribadi yang berjiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab dan mandiri, serta harapan yang diharapkan dari panitia, para peserta mampu memahami tentang potensi yang ada di dalam dirinya masing-masing dan mampu mengembangkan potensi tersebut menjadi sesuatu yang berguna untuk masa depannya nanti “
      Menurut salah satu fasilitator (Pa Maxi) mengungkapkan dengan tema yang telah diangkat oleh panitia, dengan MD ini para peserta diajak untuk “menggugah” karakter setiap peserta yang mana di dalam diri peserta sudah mempunyai karakternya masing-masing dengan cara kita menggunakan karakter dalam diri kita dalam menjalani sebuah kehidupan secara positive, dengan kegiatan-kegiatan yang ada dalam MD ini.
Pada hari pertama, disini para peserta mendapatkan banyak materi dari para fasilitator, mengenai motivasi dari dalam diri peserta, dan mengenai sebuah arti dari sebuah kepemimpinan. Hari kedua para peserta melakukan analiasa sosial, disini peserta diajarkan mengenai bagaimana kita belajar menghargai makna dari uang, para peserta ditugaskan untuk mengumpulkan uang sebesar Rp. 25.000,00 termasuk dengan Rp. 8000,00 unuk uang makan, untuk mengumpulkan uang tersebut mereka langsung diterjunkan di daerah pasar ciwidey, untuk mendapatkan uang itu juga para peserta mulai mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang yang ditugaskan para fasilitator dan para panitia, ada yang bekerja menumbuk kopi, ada yang bekerja menjual makanan, ad pula yg menjadi kuli dipasar, ada yang mencuci mobil dan motor, dan banyak yang lainnya.
     Setelah para peserta melakukan analisa sosial sekitar jam 17.20 WIB para peserta melakukan evaluasi dengan para fasilitator yaitu Pa Maxi, Pa Widi, dan Br. Alex, di evaluasi ini para peserta menceritakan pengalaman mereka saat menjalani analisa sosial, salah satu dari mereka bercerita ketika dia bekerja menjadi seorang kuli dan setelah dia membereskan pekerjaannya, ternyata dia tidak dibayar sepeserpun, dan ada juga para peserta yang mengungkapkan bahwa pengorbanan orang tua itu sungguh sangat besar untuk anak-anaknya, setalah evaluasi mengenai analisa sosial, para pesera mendaptakan materi Negoisasi dan Komunikasi dari Br. Alex dan Pa Widi
     Pada pukul 24.00 WIB para peserta mengikuti renungn malam dan para peserta saling sharing mengenai perjalanan hidup mereka, setelah itu para peserta mengikuti prosesi api ungun, dan mereka saling berlomba dengan yel-yel masing-masing kelompok.
Pada hari ketiga para peserta diajarkan dalam proses berorganisasi dan bagaimana cara membuat sebuah proposal, setelah pemberian materi para peserta di dalam kelompoknya ditugaskan dengan membuat sebuah proposal kegiatan.

     Acara MD tahun ini ditutup dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Romo Agus, dan setelah itu peserta foto bersama dengan para panitia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar